Darimana Youtuber Dapat Uang Hingga Ratusan Juta?

Darimana YouTuber Bisa Dapat Uang

Kalian pasti kenal kan dengan Atta Halilintar, Ria Ricis, Edho Zell, Dan lain lain. Mereka adalah para Content Creator di Youtube atau sebutannya adalah YouTuber. Siapa sih yang gak kenal sama mereka? Kesuksesan mereka di dunia Youtube membuat sebagian orang berlomba-lomba menjadi seperti mereka, bukan hanya anak muda saja, bahkan orang tua dan anak anak pun sekarang sudah bercita-cita ingin menjadi YouTuber.

Bagaimana tidak? hanya dengan membuat video kemudian mengupload-nya di Youtube mereka bisa meraup Jutaan hingga Milyaran Rupiah setiap bulannya, tentu saja membuat siapa saja tergiur dan ingin menjadi seorang YouTuber.

Tapi pernah gak sih kalian berpikir darimana mereka bisa meraup penghasilan dengan jumlah yang terbilang sangat fantastis? Siapa yang membayar mereka? Apakah saya bisa seperti mereka? Nah, disini kalian akan menemukan jawabannya.

Darimana YouTuber dapat Uang?


- Iklan dari Google Adsense

Kalian pasti pernah kan ketika menonton video di Youtube lalu  tiba-tiba muncul Iklan? Biasanya Iklan yang muncul di sebuah video bisa kita Skip atau bahkan tidak sama sekali. Nah, dari situlah Youtuber mendapat penghasilan dari setiap video yang menampilkan Iklan.
Bayarannya pun beragam, tergantung dari jenis iklan dan seberapa banyak iklan yang muncul pada setiap tayangan pengunjung. Semakin banyak orang menonton iklan di video mereka (YouTuber) maka akan semakin tinggi pula pundi-pundi rupiah yang akan mereka dapatkan.

- Endorse / Brand Placement

Iklan dari Google Adsense bukan satu satunya sumber penghasilan dari seorang YouTuber. Jika Channel Youtube sudah besar, dalam artian sudah memiliki banyak pelanggan (subscriber) yang artinya sudah memiliki massa yang setia menonton video mereka. Biasanya akan mudah di lirik oleh orang-orang atau bahkan Perusahaan besar untuk mengiklankan produk atau jasa-nya di channel tersebut. Alhasil, seorang YouTuber akan kebanjiran Endorse. Jangan salah, bayarannya pun bervariasi. Istilah ini bisa juga disebut dengan Brand Placement.

- Jualan Produk Sendiri

Jika seorang YouTuber sudah memiliki banyak Subscribers, maka itu akan menjadi peluang besar bagi mereka. Tidak jarang, mereka menjajakan produk / jasanya di channel mereka. Sebagai contoh disini adalah YouTuber Tanah air Atta Halilintar, selain membuat video Atta Halilintar pun berjualan Brand milik Atta sendiri. Seperti AHHA, Ahsiyaap, dan lain-lain.

Apakah Saya Bisa Menjadi YouTuber?

Tentu saja bisa, asalkan kamu memiliki niat dan kemauan yang tinggi dan yang terpenting adalah mau berusaha. Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu juga bisa menjadi YouTuber sukses. Mulai lah dari apa yang ada, jika kamu tidak memiliki Kamera untuk mengambil video dan PC untuk mengedit. Maka mulailah dengan Smartphone yang kamu miliki saat ini.

Buatlah satu Topik yang kamu senangi, misalnya kamu adalah pecinta Traveling maka buat channel khusus untuk meng-Eksplore kegiatan-kegiatan tersebat. Buat semenarik mungkin agar penonton betah. Jangan patah semangat, sabar dan yang paling penting adalah tetap Konsisten.

Hmm, jadi gimana apakah kamu mulai tertarik menjadi seorang YouTuber?

Penutup

Oh iya, postingan ini saya buat sepenuhnya bertujuan untuk memotivasi diri sendiri bukan bermaksud untuk sok menggurui siapapun atau apapun. Saya juga masih perlu banyak belajar untuk menjadi lebih baik. :)

Jika ada kesalahan pengetikan, kalimat yang kurang di pahami, ataupun lainnya saya minta maaf. Karena saya baru belajar menulis, mohon untuk di maklumi ya. :D

Sekian dulu, jika kalian memiliki pertanyaan jangan sungkan-sungkan karena kalian bisa menanyakannya di kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post