Tenang, Channel Youtube Dismon Masih Bisa Gajian Kok!

Bisa gak sih gajian kalau channel udah Disable Monetization (Dismon)?

Channel YouTube Dismon Apakah Masih Bisa Gajian? - Hai, salam youtubers! Di kesempatan kali ini saya ingin membagikan sepenggal kisah pilu yang saya alami sendiri ketika terjun dalam dunia per-youtube-an.

Yah.. Dismon atau Disable Monetization adalah kondisi dimana Youtube menonaktifkan Iklan di channel kita atau channel kita di cabut dari Program Partner Youtube alhasil kita tidak bisa mendapatkan penghasilan lagi karena channel kita sudah tidak menampilkan Iklan. Biasanya Dismon diberikan kepada para Youtuber nakal.


Kenapa Channel Kita Kena Dismon?

Ada banyak alasan kenapa Youtube Men-Dismon-kan channel kita, dan yang sering terjadi adalah karena channel kita mempunyai video yang melanggar Hak cipta, Menggunakan konten yang berulang atau dalam bahasa kasarnya (maling video orang lain). Dan mungkin Dismon adalah strike paling menyakitkan kedua selain di banned oleh Youtube.

Apakah channel kamu kena Dismon? Lalu, kamu panik dan takut? Apakah saldo yang sudah masuk ke Akun Adsense kita bisa masuk ke Rekening bulan depan? Jawabannya adalah Tergantung. Loh kenapa? Sabar dulu..  Mari simak ulasannya berikut.

Jika Channel Sudah Dismon, Apakah Saldo Sebelumnya Akan Hangus?

Sedikit cerita guys, jadi dulu saya punya channel Youtube. Saya rutin upload video kadang sehari bisa upload 1 kali. Btw, konten saya adalah konten fair use atau video nyomot di channel orang lain lalu saya gabung gabungkan dengan editan ala kadarnya.

Seminggu setelah pengajuan monetisasi tepatnya tanggal (29/10/2019), saya mendapatkan Email bahwa channel saya sudah di setujui untuk bergabung di Program Partner Youtube! Begitu senang hati saya waktu itu karena video nyomot (maling) yang di edit ulang ala kadarnya bisa di setujui di Program Partner Youtube dan mendapatkan views yang lumayan (saya tidak mau menyebutkan Nichenya).

Namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Sekitar 3 minggu kemudian tepatnya tanggal (19/11/2019) setelah saya sudah berhasil Verifikasi Identitas dan Rekening Bank, saya mendapatkan Email lagi dari Youtube. Email kali ini membuat saya down, seketika harapan untuk menjadi youtubers kaya raya telah sirna.

Mungkin ini adzab karena menjiplak hasil karya orang lain tanpa izin, dan ini menjadi pelajaran berharga bagi saya. Isi Email bertuliskan seperti ini.
"Channel Anda tidak lagi memenuhi syarat untuk dimonetisasi. Pelajari cara mengajukan permohonan ulang." Yang artinya Youtube sudah menonaktifkan iklan di channel saya.

Kesal, panik, marah semua bercampur aduk. Bagaimana tidak, saldo sudah lumayan banyak jadi agak takut kalo sampai tidak bisa di cairkan. Karena saldo di Akun Adsense saya saat itu sudah mencapai Rp6.030.000. Sudah pasti angus pikirku saat itu.

Namun saya mendapatkan kabar baik, sebulan setelah channel saya dismon, saya mendapatkan kiriman berupa Pin Google Adsense dari Pos Indonesia. Awalnya ga percaya sih karena channel sudah dismon tapi Google masih tetap mengirimkan Pin. Lalu saya mencoba submit Pin tersebut ke Adsense pada tanggal (20/12/2019), dan tiga hari setelah submit Pin saya mendapatkan Email bahwa Pembayaran sudah di kirim ke Rekening bank saya. Alangkah senangnya hati ini, awalnya saya kira channel yang sudah dismon saldo akan angus tapi ternyata tidak.

Seketika itu saya bergegas ke ATM terdekat untuk mengecek saldo apakah benar-benar sudah masuk atau belum. Tapi sayangnya belum masuk dong. Saya cari cari info di Grup Facebook katanya suruh cek lagi besok. Dan besoknya saya cek lagi dan Alhamdulillah sudah Landing.

Selama akun Adsense kita masih bisa di akses dalam artian tidak di banned/di hapus (InsyaAllah masih bisa di cairkan) itu artinya kita masih bisa dapet gajian bulan depan yaitu sekitar tanggal 21-26. Dengan catatan, kita sudah Verifikasi Identitas, Verifikasi Rekening, Verifikasi Alamat (PIN) dan Saldo sudah mencukupi Ambang Pembayaran minimal Rp1.300.000 atau 100 Dollar.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, channel Dismon masih tetap bisa Gajian selama Akun Adsense tidak bermasalah. Jadi jangan panik lagi, buat kalian yang channelnya kena Dismon seperti saya.
Tetap semangat tetap berkarya dengan hasil karya sendiri, karena menggunakan hasil karya orang lain tanpa Izin itu tidak baik hehe.

Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tulis di kolom Komentar di bawah atau bisa kirim Email via Contact yang ada di menu navigasi footer, Terimakasih.

16 Comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  2. Gan kalau gaji nya belum masuk google adsense masih di youtube nya bisa hngus ga gan?

    ReplyDelete
  3. Gan, kalau kita kena 2 pelanggaran, bisa monet gak? Dan bisa mulihin lagi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gan. Saya sarankan hapus aja konten yang kena pelanggaran.

      Delete
  4. Mas, youtube saya dalam keterangan memenuhi syarat, tapi adsense.nya disable, gimana ya itu ? Apa dilanjutin ? Subcribe 1.500, dan view 25jam

    ReplyDelete
  5. Chanel saya kenak dismonet judul menyesat kan bg, saya lihat tiap hari dolar saya hilang Dan berkurang sedikit demi sedikit. Itu kenapa bg.

    ReplyDelete
  6. KA PUNYA SAYA DI DISMONET TERUS HARUSNYA PENDAPATAN SAYA MASUK TGL 11 BERHUBUNG KENA DISMONET TGL 8 UANGNYA LANGSUNG MASUK KE ADSENSE TAPI AKU ANEH KO DI ADSENSE AKU GAK ADA METODE PEMBAYARAN BUAT VERIFIKASI REKENING. KALAU PIN SAMA Alamt sudah cuma verifikasi rekening nya doang tapi di AdSense ku gak ada fitur itu metode pembayaran gimana ini ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin rekening dulu gan, ntar adsense akan secara otomatis mengirim kodenya berupa dua digit angka dan bisa di lihat di mutasi rekening. Untuk lebih jelasnya silahkan kirim pesan ke sosmed saya di bawah yaaa

      Delete
  7. kalau yang kena banned bang apa maasih bisa cair ?
    kamaren tgl 6 juli akun saya di tangguhkan malah saldo nya masih di analitic
    tolong jawab ya

    ReplyDelete
  8. Gan, maaf mau tanya, chanel YT saya bulan lalu kena dismon, strike 2 sekitar tanggal 20 juli 2021, ada beberapa video yg akhirnya saya hapus, pertanyaan saya kok sampai hari ini pendapatan di dashbord youtube belum masuk juga ke dashboard adsens, padahal kan biasanya saldo di YT masuk ke Dashboard adsens tgl 11 setiap bulan, jadi apakah saldo yang saya dapatkan di YT tidak bisa masuk karena ada pelanggaran? Thaks jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita senasib bang... Pendapatan ku jg belom masuk sampai sekarang.. Tnggl 23 bulan lalu kena dismont..

      Delete
    2. Boleh tukar kontak nya gan? Yt aku jg kne dismon, sub udh 100rb viwers udh bnyk bgt. Pusing gak tau langkah apa sebaik nya

      Delete
  9. Bang punya ku kena dismond tanggal 1 oktober 2021 apakah uang saya bulan september bisa masuk di bulan oktober nantiya tanggal 11 dan bisa cair apa tidak ya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post