Penyebab Channel Youtube Dismon dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Memperbaiki Youtube Dismon


Penyebab dan Cara Memperbaiki Channel Dismon (Disable Monetization) - Hai, salam youtubers! Oke baik, di kesempatan kali ini saya ingin membagikan artikel seputar youtube lagi guys. Setelah sebelumnya saya sudah menulis artikel serupa yakni Setelah Channel Youtube Dismon, Apakah Kita Masih Bisa Gajian?

Apa Itu Dismon?

Disable Monetization atau biasa di singkat Dismon adalah kondisi dimana Youtube telah me-nonaktifkan Monetisasi pada channel yang di anggap-nya melanggar ketentuan dan kebijakan yang sudah di tetapkan. Sehingga Youtube tidak segan-segan untuk menghapusnya dari Program Partner Youtube.

Sangat menyakitkan memang apabila channel kita terkena Dismon karena saya sendiri pernah merasakannya.
Susah payah membuat video dan memenuhi syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, sebuah penantian yang berujung menyakitkan. 

Namun apalah daya, sebab ternyata takdir berkata lain. Santuy saja, karena dimana ada musibah pasti ada jalan keluarnya hehe :D

Jika channel kamu juga terkena Dismon seperti saya maka kamu akan menemukan solusinya di artikel ini. Artikel ini saya tulis berdasarakan pengalaman pribadi yaa.. Silahkan simak baik baik.

Penyebab Channel Youtube Dismon

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang Bagaimana Cara Memperbaiki Channel yang Monetisasinya di Nonaktifkan (Dismon), ada baiknya kita tahu dulu Apasih penyebab Youtube Menonaktifkan Monetisasi di channel kita?

Tentunya Youtube Menonaktifkan Monetisasi channel kita bukan tanpa alasan, sudah pasti ada penyebabnya seperti halnya kata pepatah Tidak akan ada Asap jika Tidak ada Api. Dan berikut adalah beberapa penyebab kenapa Youtube Menonaktifkan Monetisasi Channel Youtube Kita.


  1. Mencoba memonetisasi video yang bukan milik kamu sendiri. Itu artinya youtube melarang kamu memonetisasi video orang lain. Buatlah video asli milikmu sendiri bukan mengupload video yang kamu ambil dari channel lain. Jika channel kamu terdeteksi mengambil video orang lain, bukan tidak mungkin channel kamu akan terkena Dismon dan yang lebih parahnya lagi channel kamu bisa di banned permanen.
  2. Video berisikan Topik yang tidak sesuai untuk Pengiklan. Di antara topik yang tidak sesuai untuk pengiklan adalah video kamu berisi Kekerasan, Mengandung bahasa yang tidak sopan, berisikan Konten Dewasa dan lain lain. Selengkapnya kamu bisa membacanya di Konten yang tidak cocok untuk pengiklan.
  3. Melanggar Kebijakan Monetisasi Youtube, Kebijakan Spam Youtube, Kebijakan Program Adsense dan Persyaratan Layanan Youtube. Silahkan kamu baca selengkapnya di Pusat bantuan Adsense Klik Disini.
  4. Mengklik Iklan di Channel Youtube Sendiri. Jika kalian sering melakukan ini, kemungkinan besar ini adalah penyebab utama kenapa channel kamu terkena Dismon. 


Cara Memperbaiki Channel Youtube Dismon

Setelah channel kita terkena Dismon. Youtube akan memberikan kesempatan kepada kita selama satu bulan sebelum kita dapat mengajukan monetisasi lagi. Jadi gunakan waktu tersebut untuk mengoreksi video-video di channel kita yang sekiranya melanggar kebijakan Youtube.

Sebelum mengajukan ulang montesisasi youtube, kita harus tahu dulu penyebab kenapa youtube Menonaktifkan Monetisasi di channel kita. Untuk mengetahui penyebabnya kalian bisa melihatnya di Creator Studio Terbaru di Web Browser kalian masing-masing. Caranya :
- Buka Browser Kalian (Jika menggunakan hp, aktifkan Mode Desktop di browser terlebih dahulu)
- Klik Channel Kalian
- Buka Creator Studio
- Buka Tab Monetisasi ( Klik Logo $ di samping kiri)

Disitu kalian akan melihat alasan kenapa channel kamu terkena Dismon dan disitu juga kalian bisa mengajukan ulang monetisasi sesuai dengan tanggal yang tercantum.

Sebagai contoh, dulu channel saya terkena Dismon karena 90% video yang saya upload bukan  video orisinil milik saya alias saya mengambilnya dari berbagai sumber di Youtube tanpa mematuhi standar ketentuan Fair Use, karena waktu itu saya tidak tahu persyaratan Fair Use. Jadi channel saya terdeteksi oleh youtube dan Monetisasi-pun di Nonaktifkan.




Bisa dilihat pada gambar di atas, disitu channel saya tertulis 
Konten yang di gunakan ulang, memodifikasi konten orang lain tanpa memberikan komentar orisinal yang  signifikan atau nilai edukatif.

Kenapa bisa seperti itu? Karena memang dulu saya membuat video dengan  mengambil suara kajian dari channel lain lalu saya edit dengan memberikan gambar-gambar Ilustrasi yang saya ambil juga dari channel lain. Sehingga terdeteksi oleh youtube kalau saya memodifikasi konten orang lain.

Sebagai contoh, saya mengambil suara dari Channel Calon Sarjana (ingat suaranya saja) lalu saya edit ulang dengan menambahkan gambar-gambar atau video-video ilustrasi lain yang berbeda namun topik pembahasannya tetap sama.

Jika kamu mengalami hal yang serupa, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menghapus semua video yang  di anggap melanggar. Setelah itu kalian bisa mengajukan ulang monetisasi sesuai tanggal yang telah di tetapkan youtube.

Tunggu hingga beberapa hari, namun pengalaman saya waktu itu hanya membutuhkan  waktu kurang dari seminggu.

Penutup

Sekian penjelasan saya mengenai Penyebab Channel Youtube Dismon dan Cara Memperbaikinya, mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kalimat yang kurang di pahami.

Namun, jika kalian memiliki pertanyaan kalian bisa mengirimnya melalui kolom Komentar di bawah atau bisa juga melalui Media sosial saya yang tertera di menu Navigasi bagian footer. Terimakasih sudah berkunjung.

14 Comments

  1. gan, saya menghapus semua video saya di channel yang dismon, jadi otomatis jam tayang jadi nol, sementara sub sudah lebih seribu, apakah nanti setelah jam tayang terpenuhi, tombol "DAFTAR KEMBALI" bisa dipencet, pengalaman agan berapa hari tombolnya aktif lagi setelah syarat terpenuhi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, setelah kita menghapus semua video maka otomatis jam tayang akan kembali ke nol. Saya saranin terus upload lagi video yang orisinil (supaya aman) secara berkala untuk mengumpulkan kembali 4000 jam tayang sebelum mengajukan ulang monetisasi.

      Delete
  2. Gan, kalo beberapa bulan nggak upload lagi, karena sibuk atau nggak ada konten lagi.. apakah channel kita akan di dismon juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ga masalah gan, tapi saya saranin terus upload video. Sayang kalo ga upload padahal udah monet.

      Delete
  3. Gan..klo videonya d hapus..jam tyangnya ke nol lagi dong...brarti sya hrs ngumpulin lg jam tayang dong

    ReplyDelete
  4. Bang... saya bikin play list mp3 yg saya edit dri mp3 di HP. Apakah itu termasuk pelanggaran di atas?? Soale saya baru aja dismon dengn keterangan yg sama bgitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mp3 maksudnya lagu? Gabisa upload lagu / musik orang sembarangan nanti kena copyright ga bakal bisa monet gan.

      Delete
  5. hancur kabeh, 0 jam tayang lagi....

    makin sulit nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar, yuk bikin konten lagi. Usahakan konten asli sendiri, bukan hasil nyomot sana sini. Biar aman dan berkah😁

      Delete
  6. kalau view video sendiri menonton iklan apakah kena dismon juga? apa ada ketentuan nya di view berapa kali kena dismon

    ReplyDelete
  7. gan mau tanya, ak dapat baca konten tiktok itu bisa di monet asal itu video punya sendiri pertanyaan ku. Gak kena cr itu ya konten ?. kalaupun gak kena cr kan lagu itu masuk yang sering dipakai orang orang apakah kena konten berulang ?.

    ReplyDelete
  8. Sumpah sih ini bener-bener membantu banget, makasih bang

    ReplyDelete
  9. saya kena dismon krna pelanggaran tapi vidio yg saya memiliki orii semua gimna ka cara betulinya termakasih

    ReplyDelete
Previous Post Next Post